Sabtu, 25 Juni 2011

CEGAH PENYAKIT dengan BERHENTI MEROKOK




              Rokok diibaratkan pabrik kimia. Dalam satu batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya, diantaranya yang paling berbahaya adalah Nikotin, Tar, dan Carbon Monoksida(CO). Nikotin dapat menyebabkan ketagihan dan merusak jantung dan aliran darah. Tar menyebabkan kerusakan sel paru-paru dan kanker, dan CO menyebabkan berkirangnya kemampuan darah membawa oksigen, sehingga sel-sel tubuh akan mati.
Perokok ada 2 jenis, ada yang dinamakan perokok aktif yaitu orang yang mengonsumsi rokok secara rutin dengan sekecil apapun walaupun itu Cuma satu batang dalam sehari, atau orang yang menghisap rokok walau tidak rutin sekalipun atau hanya ssekedar coba-coba dan cara menghisap rokok Cuma sekedar menghembuskan asap walau tidak diisap masuk kedalam paru-paru. Dan ada juga yang dinamakan perokok pasif yaitu orang yang bukan perokok tapi menghirup asap rokok orang lain atau orang yang berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang sedang merokok. Rumah adalah tempat berlindung, termasuk dari asap rokok, perokok pasif harus berani menyuarakan haknya untuk tidak menghirup asap rokok.
            Secara umum, bahaya antara perokok aktif dan perokok pasif itu adalah sama berikut beberapa bahaya yang dapat timbul akibat selalu menghirup asap rokok :
Yokie Emoticons 47·        Menyebabkan kerontokan rambut
·        Gangguan pada mata seperti katarak
·        Kehilangan pendengaran lebih awal disbanding bukan perokok
·        Menyebabkan penyakit paru-paru kronis
·        Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap
·        Menyebabkan stroke dan serangan jantung
·        Tulang lebih mudah patah
·        Menyebabkan kanker kulit
·        Menyebabkan kemandulan dan impotensi
·        Menyebabkan kanker rahim dan keguguran

Nah,,, guys parah kan bahanya dari merokok, terlebih lagi buat yang perokok pasif. kasihan kan udah gak ikutan ngerokok kecipratan dampaknya juga….
Buat kalian yang perokok dan lagi mencoba untuk berhenti dan mengakhiri kecanduan terhadap rokok, atau buat ayah kalian yang perokok berat tidak ada salahnya mengingatkan bahaya dari rokok.
Berikut cara-cara berhenti merokok yang patut kamu coba.
            Ada 3 cara untuk berhenti merokok, yaitu berhenti seketika, menunda, dan mengurangi. dan ingat hal paling utama adalah niat dan tekad yang bulat untuk melaksanakan cara tersebut.
1.        Seketika
Cara ini merupakan upaya yang paling berhasil. Bagi perokok berat, mungkin perlu bantuan tenagaa kesehatan untuk mengatasi efek ketagihan karena rokok mengandung zat Adiktif
2.        Menunda
Perokok dapat menunda mengisap rokok pertama 2 jam setiap hari sebelum dan selama 7 hari berturut-turut. Sebagai contoh : Seorang perokok biasanya merokok setiap hari pada pukul 7.00 pagi, maka pada :
³        Hari 1  : pukul 9.00
³        Hari 2  : pukul 11.00
³        Hari 3  : pukul 13.00
³        Hari 4  : pukul 15.00
³        Hari 5  : pukul17.00
³        Hari 6  : pukul 19.00
³        Hari 7  : pukul 21.00

3.      Mengurangi
Jumlah rokok yang diisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari ke-7 atau yang ditetapkan.
Misalkan dalam sehari-hari seorang perokok menghabiskan 28 batang rokok maka si Perokok dapat merencanakan pengurangan jumlah rokok selama 7 hari dengan jumlah pengurangan sebanyak 4 batang perhari. Sebagai contoh :
³        Hari 1        : 24 batang
³        Hari 2        : 20 batang
³        Hari 3        : 16 batang
³        Hari 4        : 12 batang
³        Hari 5        : 8 batang
³        Hari 6        : 4 batang
³        Hari 7        : 0 batang

Yoyo & Cici Emoticons 1Nah, itulah tips-tips berhenti merokok yang bisa kamu terapkan, semoga bisa bermanfaat ya dan “CEGAH PENYAKIT dengan BERHENTI MEROKOK” !!!!!


0 komentar:

Posting Komentar

Ayo tuangkan aspirasimu !!

 

Info Unak-Unik Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting